Opini

DAHULUKAN PANDEMI ATAU EKONOMI ?

titikalinea.com
Bagikan ke :

Oleh : Etus Umbu T. Padanga

Dengan meningkatnya kasus pandemi Covid-19 di dalam negeri, menambah ketakutan masyarakat akan dampak yang mungkin dihadapi kedepannya, apalagi belum adanya kepastian berakhirnya pandemi ini. Sehingga banyak masyarakat yang berpendapat bahwa pandemi Covid-19 harus lebih dulu ditangani oleh pemerintah di masa krisis ini dibandingkan ekonomi. Akan tetapi pemerintah berpikiran sebaliknya.

Menurut Yustinus Prastowo, staf khusus menteri keuangan, bahwa tidak ada pandemi versus ekonomi. Karena yang terjadi saat Covid-19 ini adalah ekonomi pandemi. Sebab kebijakan-kebijakan ekonomi saat ini, digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan, dunia usaha, dan Jaminan sosial.

Pertanyaanya apakah ekonomi harus berhadapan dengan pandemi? Pandemi dulu atau ekonomi dulu? Tetapi yang terjadi saat sekarang adalah “ekonomi pandemi”. Sehingga kita tidak bisa memisahkan apakah pandemi yang didahulukan ataukah ekonomi dulu.

Ekonomi pandemi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Ekonomi pandemi mengingatkannya pada paham negara kesejahteraan, ada peluang untuk memperkuat peran negara melalui penataan kelembagaan dan retribusi.

Kita tidak bisa memisakan antara pandemi dan ekonomi. Karena Orang bisa mati karena terpapar Covid-19, dan juga bisa mati karena tidak bisa makan. Maka harus kita memikirkan keduanya agar bisa berjalan beriringan, tentu dengan SOP protokol yang baik dan ketat.

Menurut presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam wawancara eklusif bersama Najwa Shihab di mata najwa (Trans 7). Jokowi mendapat pertanyaan tentang mana yang di prioritaskan di masa pandemi ini, apakah ekonomi atau kesehatan? Jokowi menjawab kesehatan yang menjadi prioritas.

“Saya kira yang diutamakan, tadi di awal sudah saya sampaikan, Covid ini adalah virus yang sangat berbahaya sehingga yang didahulukan, diutamakan, tetap kesehatan,” Jokowi juga menyebutkan antara  ekonomi dan kesehatan saling berkaitan. Tidak bisa salah satunya dihilangkan. 

Dengan pertanyaan apakah pandemi atau ekonomi yang didahulukan? Jelas jawabannya tidak ada yang didahulukan. Karena pemerintah tidak dapat memilih apakah mendahulukan ekonomi atau pandemi. Karena kedua hal tersebut memilki hubungan yang erat sehingga yang pemerintah lakukan yaitu bagaimana ke dua hal tersebut bisa berjalan beriringan,  dengan mendapatkan  dukungan masyarakat. 

Baca juga : Tulisan Etus Umbu T. Padanga lainnya

Penulis :
Etus Umbu T. Padanga. Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, UKSW, Salatiga.


Bagikan ke :

Tinggalkan Balasan, Mari Saling Membangun