Peristiwa

OBH Yesaya 56 Tapanuli Utara menerima kunjungan KANWILKUMHAM SUMUT melalui Tim VERASI Calon Pemberi Bankum

Masih dalam suasana peringatan Hari Kartini, tim Verasi mengunjungi LBH Yesaya 56 Taput yang berkedudukan di Simpang Sianjur- Silangit, desa Parik Sabungan, Siborong-borong Kab. Tapanuli Utara tepatnya 500 meter dari Universitas Tapanuli Utara, pada Jumat 23 April 2021 pagi. Tim Verasi yang dihadiri oleh Bapak Jonson Siagian S.H., M.H, didampingi oleh Bapak Jalaludin S.E., S.H., Ibu Maria S.H., M.,H dan tim.

Tim Verasi tersebut disambut hangat oleh pengurus/tim Yesaya 56 Taput selaku Pemberi Bantuan Hukum atau yang mewakili, yakni Ericson Tomy T Gultom S.H sebagai Direktur, Rudi Zainal Sihombing S.H sebagai Sekretaris, sebagai Advokat Pemberi Bantuan Hukum yakni Lambas Pasaribu S.H.,M.H, Ismayani S.H.,M.H, Samsir S.H, dan admin bantuan hukum yakni Agnes Vevy Simanjuntak S.H, serta Paralegal Humisar Panjaitan, Soni Ambang Hutasoit, Ericson Lumbang Tobing dan Tim.

Salah seorang Pengurus yakni sekretaris Yesaya 56 Taput yang akrab disapa Zein menyampaikan tujuan kunjungan lapangan dari tim Verasi ini yaitu untuk mengecek kelayakan kantor mulai dari fisik bangunan, informasi layanan bantuan hukum gratis yang dapat dilihat masyarakat di luar dan di dalam ruangan kantor, kelayakan fasilitas ruang tamu, meja kerja, ruang rapat, kelengkapan komputer dan printer, koneksi internet hingga kelayakan toilet dan lainnya.

Baca juga : TERJADINYA DISKRIMINASI KARENA HUKUM

“Point-point tersebut nantinya sebagai penunjang untuk menjalankan bantuan hukum khususnya bagi masyarakat miskin atau tidak mampu atau pra sejahtera di Kabupaten Tapanuli Utara” ujar Rudi Zainal Sihombing yang juga sebagai Ketua BMI di Kabupaten Tapanuli Utara. “Semoga memberikan akan menambah efek positif ke depan guna memaksimalkan volume pelayanan Bankum di Kabupaten Tapanuli Utara” lanjut Zainal.

Selanjutnya tim Verasi berangkat ke kabupaten lainnya untuk melanjutkan giat yang sama. Ada puluhan calon Pemberi Bantuan Hukum (Bankum) yang mendaftar pada akreditasi kali ini se-Sumatera Utara. Selanjutnya Gultom selaku Direktur Yesaya 56 Taput, menerangkan bahwa saat ini untuk menjalankan bantuan hukum di Kabupaten Tapanuli Utara, Yesaya 56 Taput juga telah bekerja sama dengan Pengadilan Negeri Tarutung dan Rutan Tarutung dalam rangka menjalankan program bantuan hukum.

Pihak Pengadilan dan Rutan sendiri juga telah memberikan ruangan khusus bagi layanan bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang membutuhkan layanan bantuan hukum gratis. “Semoga nantinya Verasi Y56 Taput bisa semakin memberikan hal positif bagi masyarakat pencari keadilan yang tidak mampu/pra sejahtera sebagai penerima bantuan hukum khusunya di Tapanuli Utara” lanjutnya

Baca juga : Lenyapnya Ketakutan Oleh Bantuan Sosial Yang Tersesat

Pengurus Yesaya 56 itu juga tak lupa menyampaikan terima kasih bagi ketua Yayasan Yesaya 56, Bapak Bornok Simanjuntak S.H.,M.H, DPC Peradi Medan, DPC Peradi Tapanuli Raya, Bupati Tapanuli Utara, Kapolres Tapanuli Utara, kepala Kejaksaan Tapanuli Utara, ketua Pengadilan Negeri Tarutung, kepala Rutan Tarutung dan seluruh pihak baik dari keluarga, rekan-rekan Advokat serta sahabat yang tak dapat disebut satu persatu yang ikut mendukung dan mensuport kegiatan Pemberi Bantuan Hukum masyarakat tidak mampu secara gratis ini.

Selanjutnya tim Verasi, Bapak Jonson Siagian yang menjabat sebagai kepala bagian hukum di Kanwilkumhan Sumut mewakili tim Verasi, mengharapkan hasil Verasi bisa meluluskan semua calon Pemberi Bantuan Hukum baru yang berjumlah puluhan dan mendapat akreditasi Kanwilkumham yang tentunya memenuhi syarat dan memiliki kredibilitas tinggi menjadi Pemberi Bantuan Hukum termasuk Yesaya 56 Tapanuli Utara dengan harapan yang sama. Guna lebih memaksimalkan dan perluasan, serta pemerataan ke depan dengan hadirnya Pemberi Bantuan Hukum secara gratis di tiap Kabupaten/ Kota di Provinsi Sumatera Utara.

Penulis : Sultan Hermanto Sihombing

Tinggalkan Balasan, Mari Saling Membangun